Home » , , , , , , , , » Dua Siswa SD Asal Semarang Ini Sabet Medali di Korea Karena Bikin Kulkas Tanpa Listrik

Dua Siswa SD Asal Semarang Ini Sabet Medali di Korea Karena Bikin Kulkas Tanpa Listrik

Dua Siswa SD Asal Semarang Ini Sabet Medali di Korea Karena Bikin Kulkas Tanpa Listrik


Kabar gembira dari dunia pendidikan Indonesia. Dua siswa kelas 6 SD Al Azhar 14 Semarang, Arya Nardhana dan Sanika Putra Ramadhan, menang medali perunggu dalam World Creativity Festival yang berlangsung di Korea Advanced Institute and Technology di Daejon, Korea Selatan.

Berkat lemari es tanpa listrik, mereka berhasil ngalahin puluhan peserta dari delapan negara. Lemari es bikinan mereka make bahan-bahan sederhana kayak stereofoam, pasir, dan air dingin. Alat tersebut bisa nyimpan buah dan sayur agar tetap segar selama enam sampai tujuh hari. Lemari es ini juga dilapisi dengan kain batik untuk nunjukin identitas keIndonesiaannya. Pas presentasi mereka juga make baju adat Jawa.


"Ya awalnya browsing tentang menyimpan buah dan sayur tanpa menggunakan listrik. Kemudian kami menemukan kalau pasir bisa menjaga suhu," kata Arya menceritakan sumbangsih internet dalam pengerjaan proyeknya seperti dilansir Detik.com. Oh ya, Arya merupakan putra dari mantan sekaligus calon Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Keren banget. Masih SD tapi udah bisa berkreasi di tingkat internasional. Semoga pemerintah ngasih perhatian lebih ke mereka ya.


Selamat, Arya dan Sanika!

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.