Home » , , , , , , , , » 8 Nama Standar yang Sering Dipake Jadi Merek Usaha di Pinggir Jalan

8 Nama Standar yang Sering Dipake Jadi Merek Usaha di Pinggir Jalan

8 Nama Standar yang Sering Dipake Jadi Merek Usaha di Pinggir Jalan


Kalo selama ini kamu kurang peka sama sekitar, coba mulai sekarang kamu perhatiin deh sebenernya ada apa aja sih di sepanjang jalan yang kamu lalui sehari-hari. Sadar atau gak pasti kamu sering melihat ada banyak usaha pinggir jalan. Mulai dari warteg, martabak, gorengan, pangkas rambut, bengkel, warung foto copy, apotik, sampe bengkel motor kan. Nah, coba kamu amati baik-baik deh merek usahanya. Pasti banyak  yang pake 8 nama standar berikut.

1. Nama yang Berbau Doa


Barokah, Laris, Makmur, Bahagia, Jaya, dan sederetan doa serta harapan lain yang dipanjatkan oleh pemilik usaha, supaya usaha yang dijalani bisa sesuai dengan nama-nama tadi. Nah, nama-nama berbau doa kayak gini tuh biasanya paling sering dipake untuk jadi merek usaha di pinggir jalan. Secara kan ada pepatah bilang nama itu adalah doa. Ya udah kenapa gak sekalian doa aja di namanya?

2. Nama Orang yang Punya Usaha


Antara gak mau repot atau sekalian promosiin si empunya usaha, maka banyak usaha yang merek dagangnya memakai nama si pemilik. Contohnya yang terkenal tuh Roti Bakar Eddy, Sate Padang Ajo Ramon, dan Soto Padang Mangkuto. Selain bikin cepet terkenal, tapi beresiko juga sih karena dia mempertaruhkan nama baiknya.

3. Nama Daerah Tempat Usaha Itu Jualan


Nama daerah di mana usaha itu berdiri juga sering dipake buat jadi merek. Misalnya, Bubur Kacang Ijo Petogogan, Sate Apjay, Soto Barito, pokoknya apapun usahanya pasti nama belakangnya menggunakan nama daerah atau jalan. Tujuannya biar lebih gampang dicari aja. Karena kalo cuma nama orang atau doa kan, masih kurang menjelaskan keberadaannya. Kecuali kalo usahanya emang udah terkenal banget.

4. Apapun Namanya, Belakangnya Selalu Diikuti Nama Usahanya


Kalo ini tuh merek usahanya terdiri dari dua kata gitu. Di mana kata pertama itu terserah si punya usaha mau kasih nama apa, yang penting kata keduanya harus nama jenis usahanya. Biasanya ini bisa kamu temui di usaha bengkel motor gitu. Lagi..lagi merek dagang kayak gini tuh memudahkan konsumen buat mengenali bidang usaha apa yang digeluti oleh si pemilik. Toko apa sih yang lagi dia datengin?

5. Nama yang Mewakili Bentuk Usahanya


Jadi kalo di poin sebelumnya itu langsung menyebut jenis usahanya apa, nah kalo ini tuh hampir nunjukkin gitu. Cuma gak langsung plek-plekan. Mirip kayak orang yang sebenernya cinta tapi gak mau bilang. Maunya pake perumpaan. Jenis merek dagang ini juga sama, mereka pake istilah lain yang mengarah ke jenis usaha yang dijalani. Semisal cinta aroma tuh nama untuk usaha parfum , goyang lidah untuk usaha sate (baca: makanan), bina sehat untuk usaha apotik.

6. Nama yang Pakai Angka


Nama dengan membubuhkan angka di dalamnya biasa terjadi pada usaha pecel ayam atau seafood. Coba kamu perhatiin deh, pasti hampir sebagian besar tenda makanan kaki lima ini selalu pake angka. Kira-kira arti angka itu apa ya? Itu nunjukin urutan atau nomor cantik? Ada yang tau gak? Share di sini bisa kali.

7. Nama yang Harus Sama Dengan Nama Pusat


Nah kalo ini sih udah gak bisa diapa-apain lagi. Boro-boro ganti nama, bisa ngasih nama depan, belakang, atau tengah aja udah keajaiban banget. Karena mau gak mau, usaha kayak gini harus ikutin apa maunya pusat. Namanya juga franchise, ye kan?

8. Gak ada Namanya


Ini sih emang dasarnya gak kreatif aja kali ya. Males mikirin nama lagi. Jadi ya udah usahanya gak dinamain apa-apa lagi selain nama usahanya. Apotek, Bengkel Motor, Warteg, Pangkas Rambut, Photocopy. Bener-bener menjelaskan banget!


Gitu deh beberapa nama standar yang sering jadi merek usaha di pinggir jalan yang berhasil MBDC temuin. Kamu ada merek standar lainnya? Langsung komen aja ya.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.