Home » , , , , , , , , » 8 Hal Yang Paling Sering Direvisi Klien Sama Desainer Grafis

8 Hal Yang Paling Sering Direvisi Klien Sama Desainer Grafis

8 Hal Yang Paling Sering Direvisi Klien Sama Desainer Grafis


Graphic designer, pekerjaan kreatif yang *kayaknya* seru banget. Pada kenyataannya emang seru sih. Tapi, keseruannya bukan hanya disebabkan ngedesainnya aja. Melainkan juga ngejawab tantangan klien yang seringnya suka aneh-aneh.

Klien, orang yang ngasih duit dan ngasih pekerjaan adalah raja di era modern. Kehadiran mereka sebagai raja, selalu membuat mereka seperti berada di singgasana. Seringnya nyuruh tanpa mikirin perasaan sang desainer grafis. Mending kalo ngerti desain, lah ini ngerti juga kagak tapi bisa lebih pinter dari desainer grafisnya sendiri.

Kalo kamu seorang desainer grafis, kamu pasti pernah mendengar beberapa hal ini:

1. "Desainnya Kurang Rame Nih"


Kamu udah bekerja keras untuk membuat sebuah desain yang cakep. Bagi kamu, less is more more is less. Layout yang bersih itu menarik. Sayangnya klien tidak berpikiran sama denganmu.

Klien melihat karyamu yang orisinil dan penuh perhitungan sebagai gak niat. Karena terlalu banyak space kosong, mereka nganggep kamu lagi males. Maka dari itu, masuklah tambahan seperti "tambahin ini dong" "tambahin itu dong" dan lainnya.

2. "Logo Produk Kurang Gede"


Kamu udah bikin desain dengan keren. Logo produk udah kamu tempatkan dengan baik dan semestinya. Pokoknya semua udah dipertimbangin biar klien seneng deh. Eh taunya klien masih aja merasa kurang. Logonya kurang gede.

Bagi klien tentunya produknya harus dapet exposure sebesar-besarnya. Maka sebisa mungkin logo produk sebesar mungkin. Kalo bisa nutupin semua hal lain yang ada di poster. Pokoknya logo produk harus tampil paling terdepan.

3. "Mirip Sama Yang Referensi Dong"


Kamu dikasih referensi desain sama klien. Karena kamu belajar desain bertahun-tahun dan rasanya gak etis kalo cuma nyontek desain orang lain, kamu pun mendesain ulang. Tapi, soulnya tetep sama, intinya tetep sama. Sayangnya klien gak mau ngelihat usaha kamu ini.


Kalo kata klien harus mirip A, ya harus mirip A. Gak ada lagi tawar menawar. Pokoknya dia mau yang gampang aja. Males ribet. Meskipun hampir mirip plagiarisme, dia gak perduli.

4. Content Ganti-Ganti Terus

Bekerja sama client yang gak tahu sama apa maunya aja udah sulit. Apa lagi kalo ketemu sama klien yang bahkan gak yakin sama kontennya sendiri. Setiap hari ada aja konten yang diganti. Hari ini konten A. Besok A, B. Besoknya A, B, C. Sampe akhirnya kembali cuma jadi A. Bingung banget dah ngadepin yang beginian.

5. "Bikin Yang Heartwarming"

Kalimat kayak gini banyak juga nih variasinya. Dari yang heartwarming, terlihat klasik, terlihat pinter dan kalimat lainnya yang gak ngejelasin intinya pengen kayak gimana. Ketika kamu dengan bebas ngartiin apa maunya dia, pasti dia akan ngeluarin komentar "wah kurang nih" atau semacamnya. Yah gimana ya, namanya juga klien. Iyain aja.

6. "Kurang Ngejreng Ya Warnanya"

Pernah lihat spanduk di jalan? Iklan di baliho? Kalo kamu desainer grafis beneran pasti kesel ngeliat warna ngejreng gak beraturan yang menyilaukan mata. Mungkin saja dibalik desain dengan warna ngejreng ada desainer grafis yang berucap 'ya ampun dapet klien begini amat yak'. Karena entah kenapa klien selalu ingin iklannya bener-bener terang atau ngejreng, biar dilihat orang banyak kali maksudnya. Tapi, gak harus gitu juga kali.

7. "Fontnya Gedein Dong"

Selain logo yang harus digedein, font tulisan juga sering jadi korban dimintain gedein. Karena menurut mereka orang awam gak akan dapet informasi kalo fontnya terlalu kecil. Walaupun pada kenyataannya logonya gak kecil-kecil banget dan justru kalo fontnya gede akan ngambil space buat yang lain.

8. Udah Bagus Sih, Tapi Bisa Ngasih Alternatif Lain Gak?


Susah ya hidup jadi desainer grafis. Semoga kamu-kamu yang anak desain grafis diberikan ketabahan dan pahala sebesar-besarnya. Buat yang biasa minta ini itu sama desainer grafisnya, tolong didiskusiin sama mereka baik-baik, agar mereka gak puyeng terus.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.