Home » , » Inspirasi: Kuliah Bukan Untuk Kerja

Inspirasi: Kuliah Bukan Untuk Kerja

Inspirasi: Kuliah Bukan Untuk Kerja - Siapa yang dapat menjamin kesuksesan seseorang? Atau siapakah yang dapat katakan bahwa mahasiswa dengan IPK cumlaude akan menjadi manusia sukses berlimpah harta, sedangkan dengan IPK di luar itu tidak akan berhasil? Berapa banyak mereka yang bekerja justru tidak sesuai dengan titel pendidikannya? Beranikah berargumen mengklaim sebuah ketidakpastian?

Fase dunia pendidikan adalah misteri yang sulit dibuktikan konsistensinya bahkan kerelevansian atas kenyataan. Salah satu dosen saya pernah berkata bahwa mahasiswa hanya berada pada dua keadaan dalam perkuliahan, pintar dan bodoh! Ketika seorang mahasiswa dapat menjawab sebuah pertanyaan dosen dia akan terlihat pintar, namun ketika satu jam kemudian mahasiswa yang sama tidak dapat  menjawab, maka dia bodoh.

Pada dasarnya kedua hal ini sangat ekstrem dijadikan sebuah analogi, namun akan sangat mengena jika ternyata apa yang dikemukakan terjelaskan sebagai kontrol pribadi atas suatu kesombongan dalam proses sebagai seorang mahasiswa hanya karena dapat menjawab dan kontrol kepercayaan diri hanya karena suatu ketika kamu tidak dapat menjawab. Hal demikian yang menisyaratkan bahwa stigma “pintar” terjadi karena Ia tahu apa yang tidak diketahui orang lain dan stigma “bodoh” terjadi karena Ia tidak tahu apa yang orang lain tahu.

Jadi bukanlah pintar dan bodoh, namun dapat saya geser dengan penamaan mereka yang tahu dan mereka yang belum tahu.

Kehidupan mahasiswa dalam kampus sangat dinamis dan penuh ketidakpastian, maka pastikan saja untuk terus yakin pada kebaikan yang selalu dijalani.

Karena pendidikan itu tidak mutlak menyiapkan kita hanya pada kesiapan keilmuan, namun lebih besar lagi bahwa sejatinya pendidikan menyiapkan kedewasaan mental seseorang, untuk menyelesaikan masalah yang pelik dan sistemik serta besar, untuk dapat berpikir secara urut logis, dan juga dapat melihat gambar besar dari setiap permasalahan yang dihadapi. Kalau hal itu dikuasai saat kuliah, maka memungkinkan seseorang untuk dapat bekerja dibidang apapun.

Jadi kesempatan kuliah dengan titel pendidikan formal yang di dapat, bukanlah penjaminan untuk bekerja. Kuliahlah dengan semangat pembelajar, lalu pastikan untuk membangun mental agar dapat dipekerjakan dimanapun dan dapat mencapai kesuksesan dengan nilai. Mungkinkah ?


0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.