Home » , , » Inilah Misteri Yang Belum Terjawab Tentang MH370 Jatuh di Samudera Hindia

Inilah Misteri Yang Belum Terjawab Tentang MH370 Jatuh di Samudera Hindia

Inilah Misteri Yang Belum Terjawab Tentang MH370 Jatuh di Samudera Hindia - PM Najib Razak sudah memastikan pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di Samudera Hindia bagian selatan. Namun, fakta ini belum menjawab berbagai pertanyaan yang selama ini jadi misteri. Apa saja?

Sejak hilang pada 8 Maret lalu, upaya pencarian MH370 memang menimbulkan banyak misteri. Mulai dari tidak jelasnya lokasi hilang, hingga data yang seolah-olah ditutupi otoritas resmi Malaysia.

Apa saja pertanyaan itu? Berikut daftarnya seperti diberitakan Daily Mirror:

Pesawat Jatuh Atau Meledak?
Setelah dipastikan penerbangan MH370 berakhir di Samudera Hindia, otoritas Malaysia belum menjelaskan bagaimana peristiwa pesawat itu bisa sampai ke lautan. Apakah jatuh menukik ke lautan atau meledak di udara?

Selain itu, belum ada serpihan yang dikonfirmasi pasti milik MH370 di Samudera Hindia. Sejumlah penampakan memang sudah terlihat, namun belum ada yang dipastikan terkait MH370.

Di Mana Black Box?
Kotak hitam MAS MH370 diprediksi akan sulit ditemukan. Terutama setelah masa aktifnya berakhir dalam 30 hari setelah hilang kontak pada 8 Maret lalu. Lalu lokasinya yang tersembunyi di tengah lautan luas.

Kotak hitam menyimpan rekaman data penerbangan dan percakapan di kokpit yang bisa memberi titik terang dalam misteri MAS MH370. Terkait pencarian kotak hitam, otoritas Malaysia sendiri telah melibatkan tim khusus dari Prancis yang pernah terlibat dalam penyelidikan insiden Air France pada tahun 2009 lalu. Saat insiden itu, butuh 2 tahun untuk menemukan kotak berwarna oranye tersebut.

Kenapa Tak ada Emergency Call?
Bila benar jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Samudera Hindia karena ada kerusakan, kenapa tak ada yang mengontak menara terdekat untuk memberi informasi soal keadaan darurat? Pertanyaan selanjutnya, kenapa juga para penumpang tak ada yang menyalakan telepon mereka dan mengontak orang terdekat? Padahal mereka ada waktu selama hampir 4 jam, setelah pesawat hilang untuk memberi kabar.

Sebelumnya sudah diberi informasi, sinyal ponsel memang sulit ditemukan saat pesawat terbang di ketinggian di atas 10 ribu kaki. Namun versi keluarga penumpang, ada beberapa nomor ponsel kerabat mereka yang masih bisa dikontak beberapa lama setelah pesawat hilang.

Kenapa Militer Malaysia Diam?
Mark Rosenker, seorang analis keselamatan penerbangan yang juga pernah jadi penyidik Federal Aviation Agency (FAA) AS mempertanyakan aksi militer Malaysia saat tahu ada pesawat yang terbang melenceng dari rutenya. Dia mengatakan, militer biasanya bereaksi saat melihat ada objek asing yang masuk radar.

"Yang membuat saya terganggu, saat transisi ini tak tertangkap oleh pihak Vietnam, lalu pesawat itu berputar dan terbang keluar jalur di langit Malaysia selama hampir satu jam. Di mana angkatan udara Malaysia?" tanya Rosenker.

"Kenapa mereka tidak melakukan intersepsi dan mencari tahu apa yang terjadi? Ini sesuatu yang aneh, ada pesawat yang melintas tapi tidak melakukan apa-apa atau mereka tak berusaha mencari tahu ada apa?" sambungnya.

Pertanyaan lain yang muncul adalah: bagaimana pesawat itu bisa terbang tanpa terdeteksi radar negara lain selain Malaysia, seperti Indonesia dan Australia?

Pembajakan: Pilot, Teknisi Militer, atau Al Qaeda?
Muncul teori pesawat itu dibajak. Terlebih lagi saat diketahui ada upaya mematikan dengan sengaja transponder dan alat komunikasi ACARS. Tapi apa misi si pembajak? Lalu kenapa tak meminta tebusan atau pesan apa pun?

Pelakunya sudah banyak dispekulasikan sebelumnya, mulai dari pilot, kopilot, 20 teknisi radar militer yang ada di barisan penumpang, hingga dua penumpang berpaspor curian dan dugaan milisi Al Qaeda.

Bunuh Diri, Dekompresi Atau Kebakaran?
Motif bunuh diri kembali mencuat setelah pesawat MH370 dipastikan jatuh di Samudera Hindia. Namun sampai sekarang belum jelas apa motifnya. Ini yang kembali menjadi pertanyaan.

Muncul juga teori dekompresi, yakni penurunan tekanan kabin secara perlahan. Artinya, seluruh penumpang kemungkinan sudah tewas sebelum jatuh karena kekurangan oksigen. Teori ini pun ada pertanyaan, kenapa tak ada pemberitahuan darurat sebelumnya? Kenapa ada fakta mematikan transponder dengan sengaja?

Terakhir, teori kebakaran. Ini juga diyakini bisa terjadi, terutama saat pilot terbang ke arah Samudera Hindia untuk mencari landasan darurat. Namun lagi-lagi pertanyaan muncul, kenapa tak ada pemberitahan emergency?


0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.