Home » , » Inilah 5 ParPol Yang Mendapatkan Hasil Mengejutkan di Quick Count Pemilu 2014

Inilah 5 ParPol Yang Mendapatkan Hasil Mengejutkan di Quick Count Pemilu 2014

Inilah 5 ParPol Yang Mendapatkan Hasil Mengejutkan di Quick Count Pemilu 2014 - Sejumlah lembagai survei telah merilis hasil hitung cepat atau quick count perolehan suara pada Pemilu Legislatif 2014, Rabu (9/4/2014) kemarin. Hasilnya, ada lima partai yang mendapatkan jumlah suara yang mengejutkan.

Isu koalisi-koalisi partai politik pun akan menjadi salah satu hal yang perlu disimak. Koalisi antar partai politik ini tentu akan membuat kekuatan suatu partai jadi meningkat.

Berikut 5 partai politik yang mendapatkan hasil mengejutkan di quick count Pemilu 2014:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
PKB mendapatkan hasil quick count yang mengejutkan dengan presentase 8-9%. Hasil ini meningkat dibanding pada Pemilu tahun 2009, di mana suara PKB hanya berkisar pada 4,94%. Apa penyebabnya?

Selama ini PKB memang sering direcoki perselisihan antara keluarga Gus Dur dengan kubu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Namun nyatanya, perselisihan itu tidak membuat suara PKB lantas menurun. Itu bisa jadi karena figur Almarhum Gus Dur ataupun karena kabar Pencapresan Raja Dangdut Rhoma Irama.

2. Partai Gerindra
Perolehan suara Partai Gerindra naik dua kali lipat pada hasil quick count Pemilu 2014. Gerindra berhasil meraup 11-12% suara pada Pileg kemarin. Jumlah tersebut lebih banyak dari Pemilu 2009 yang hanya sebesar 4,46%.

Perolehan mengejutkan itu membuat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto gembira. Prabowo yang juga merupakan Capres dari Gerindra ini mengklaim kenaikan suara itu karena adanya Prabowo Effect.

3. Partai NasDem
Partai Nasional Demokrat (NasDem) langsung mendapatkan hasil yang cukup bagus di quick count Pemilu 2014. Meskipun merupakan partai baru, NasDem sukses meraup lebih dari 6% suara. Hal ini jelas membuat Ketua Umum NasDem Surya Paloh patut bangga.

4. Partai Hanura
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapatkan hasil yang terbilang buruk. Pada quick count Pemilu 2014, Hanura hanya mendapat 5-6% suara. Padahal, iklan Hanura sudah berseliweran di sejumlah televisi.

5. PDI Perjuangan
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menjuarai quick count Pemilu 2014 dengan perolehan 19,5 persen suara. Namun hasil tersebut masih jauh dari target mereka, yakni 27 persen. Nampaknya, Jokowi Effect tak mampu mendongkrak popularitas PDIP.

Setelah memilih para calon wakil rakyat, masyarakat Indonesia akan kembali melakukan pencoblosan pada bulan Juli 2014 mendatang. Pencoblosan tersebut akan menentukan siapa yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia berikutnya.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.